Gedung Gas Negara

gedung gas negara

Gedung Gas Negara

1200 1600 Irfan Noormansyah

Bila pernah melintas di kawasan Jl. Braga, tentu kita pernah melihat sebuah gedung dengan sebuah pintu dan jendela raksasa di bagian depannya, itulah Gedung Gas Negara. Bangunan ini digunakan sebagai kantor operasional oleh Nederlandsh Indische Gas Maatschappij yang kemudian dikenal sebagai Perusahaan Gas Negara (PGN).

Sebelum dijual dengan kemasan tabung seperti sekarang, pada jaman dahulu gas didistribusikan layaknya air ledeng, yaitu menggunakan pipa-pipa yang melintasi rumah-rumah penduduk. Untuk menggunakan gas, penduduk Bandung tinggal membuka keran saja. Dari gas-gas inilah Bandung mendapat penerangan lampu jalanan sebelum kemudian diganti oleh tenaga listrik.

Gedung ini dibangun pada tahun 1930-an oleh saudara dari Charles Prosper Wolff Schoemaker yaitu Richard Schoemaker. Karena bangunannya sendiri cukup luas, selain digunakan sebagai kantor PGN, bangunan ini juga digunakan oleh Bandoeng Vooruit yang menjual paket-paket wisata.

Bangunan Gedung Gas Negara juga pernah dijadikan lokasi shooting film ‘Madre’ yang dibintangi oleh Vino G. Bastian dan alm Didi Petet. Dalam film tersebut, gedung ini diceritakan berfungsi sebagai toko roti legendaris yaitu Tan De Bakker.


Untuk mendapatkan data yang benar benar valid, Setiap artikel negorijbandoeng.com merupakan bahan diskusi yang bisa di tambah, dikurangi bahkan dikoreksi. Silahkan gunakan kolom diskusi dibawah dengan bijak, terima kasih 
wavatar

Irfan Noormansyah

Irfan saat ini bekerja di Your Bandung sebagai Digital & Content Specialist, alumni Manajemen UPI ini juga merupakan founder dari extrover.com. senang fotografi dan rajin mengikuti trend pemasaran dan bisnis. Ia juga aktif sebagai anggota Komunitas Aleut! dan koordinator Komunitas Levitasi Hore Bandung

All stories by : Irfan Noormansyah

Leave a Reply