Gedung Merdeka, Bangunan Petunjukkan Para Elite Eropa Tempo Doeloe

Gedung Merdeka, Bangunan Petunjukkan Para Elite Eropa Tempo Doeloe

Gedung Merdeka, Bangunan Petunjukkan Para Elite Eropa Tempo Doeloe

758 768 Irfan Noormansyah

Walaupun kini bangunan Gedung Merdeka menyatu dengan bangunan Museum Konperensi Asia Afrika, namun pada kenyataannya bangunan Gedung Merdeka yang sekarang diarsiteki oleh orang yang berbeda. Bila Museum Konperensi Asia Afrika dirancang oleh A.F. Aalbers, maka bangunan Gedung Merdeka ini dirancang oleh arsitek Charles Prosper Wolff Schoemaker pada tahun 1921.

Bangunan Gedung Merdeka dan Museum Konperensi Asia Afrika pada masa pemerintahan kolonial Belanda sama-sama digunakan oleh Societeit Concordia sebagai tempat berkumpul, hanya saja bagian bangunan yang sekarang menjadi Gedung Merdeka ini digunakan sebagai gedung pertunjukannya saja atau dikenal dengan nama Schouwburg Societeit Concordia.

Pada setiap akhir pekan, para juragan perkebunan teh yang dikenal dengan sebutan Preangerplanters akan berkunjung ke kota, berkumpul di tempat yang mereka dirikan. Biasanya di Schouwburg Societeit Concordia inilah mereka akan berpesta pora dengan disuguhi sajian musik dan tari-tarian yang meramaikan suasana.

 


Untuk mendapatkan data yang benar benar valid, Setiap artikel negorijbandoeng.com merupakan bahan diskusi yang bisa di tambah, dikurangi bahkan dikoreksi. Silahkan gunakan kolom diskusi dibawah dengan bijak, terima kasih 
wavatar

Irfan Noormansyah

Irfan saat ini bekerja di Your Bandung sebagai Digital & Content Specialist, alumni Manajemen UPI ini juga merupakan founder dari extrover.com. senang fotografi dan rajin mengikuti trend pemasaran dan bisnis. Ia juga aktif sebagai anggota Komunitas Aleut! dan koordinator Komunitas Levitasi Hore Bandung

All stories by : Irfan Noormansyah

Leave a Reply