Museum Konferensi Asia Afrika, Tempat Berkumpulnya Para Elite Eropa Pada Jaman Dahulu

Museum Konferensi Asia Afrika, Tempat Berkumpulnya Para Elite Eropa Pada Jaman Dahulu

Museum Konferensi Asia Afrika, Tempat Berkumpulnya Para Elite Eropa Pada Jaman Dahulu

768 494 Irfan Noormansyah

Pada jaman pemerintahan kolonial Belanda, Museum konferensi Asia Afrika dikenal sebagai tempat berkumpulnya para elit Eropa dan para juragan perkebunan yang memiliki lahannya di daerah Priangan. Mereka tergabung dalam sebuah perkumpulan yang disebut dengan Societeit Concordia. Nama Societeit Concordia kemudian dijadikan nama gedung tersebut.

Namun, bentuk sudut bangunan tersebut tidak seperti sekarang ini yang berbentuk kurva, sebelumnya bangunan yang satu ini awalnya dibangun dengan sudut persegi pada muka bangunan yang menghadap ke Jl. Asia Afrika sekarang dan Jl. Braga.

Bangunan Societeit Concordia sendiri mulai berdiri dan digunakan oleh anggota perkumpulan sejak tahun 1895. Bentuk bangunan Societeit Concordia ini kemudian mengalami perubahan pada tahun 1940 menjadi bentuknya yang sekarang ini di bawah rancangan arsitek ternama A.F Aalbers yang juga merancang bangunan Savoy Homann dan Bank Denis.

 


Untuk mendapatkan data yang benar benar valid, Setiap artikel negorijbandoeng.com merupakan bahan diskusi yang bisa di tambah, dikurangi bahkan dikoreksi. Silahkan gunakan kolom diskusi dibawah dengan bijak, terima kasih 
wavatar

Irfan Noormansyah

Irfan saat ini bekerja di Your Bandung sebagai Digital & Content Specialist, alumni Manajemen UPI ini juga merupakan founder dari extrover.com. senang fotografi dan rajin mengikuti trend pemasaran dan bisnis. Ia juga aktif sebagai anggota Komunitas Aleut! dan koordinator Komunitas Levitasi Hore Bandung

All stories by : Irfan Noormansyah

Leave a Reply