Villa Isola; Bangunan unik mirip pesawat luar angkasa

villa isola

Villa Isola; Bangunan unik mirip pesawat luar angkasa

670 700 Irfan Noormansyah

Bila kita hendak berwisata ke kawasan Lembang, kita dapat melihat sekelebat bangunan besar berwarna putih di samping kiri jalan yang bentuknya nyaris tak memiliki sudut. Bangunan itulah Villa Isola yang saat ini digunakan sebagai Kantor Rektorat Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

Sekilas bangunan yang satu ini mirip kapal pesiar bila dilihat dari depan, ada juga yang menyebutkan bahwa Villa Isola mirip pesawat luar angkasa. Karena keunikan bentuknya, Villa Isola banyak dijadikan latar untuk berfoto, termasuk foto pre-wedding.

Villa ini didesain oleh Charles Prosper Wolff Schoemaker atas titah sang empunya yaitu Dominique Willem Berrety. Dominique Willem Berrety ini seorang blasteran Jawa-Italia yang menjadi raja Koran di Hindia Belanda. Hanya dalam jangka waktu 6 bulan, bangunan Villa Isola ini rampung dibangun. Namun sayangnya, Berrety tak dapat lama menikmati bangunan miliknya tersebut karena kematiannya setahun kemudian. Untuk membangun Villa Isola, konon Berrety sampai mengeluarkan uang yang jumlahnya sangat luar biasa. Jumlahnya setara dengan 250 milliar rupiah bila dikonversi dengan nilai mata uang hari ini.

Di bagian dalamnya terdapat sebuah tulisan yang bertuliskan “M’Isolo E Vivo” yang memiliki arti “menyendiri untuk bertahan hidup”, kini tulisan tersebut telah berganti menjadi Bumi Siliwangi setelah digunakan oleh pihak Universitas Pendidikan Indonesia. Akan tetapi walaupun telah berganti nama, mahasiswa UPI, warga Bandung dan wisatawan tetap memanggil bangunan ini dengan sebutan Villa Isola. Bahkan nama Isola sendiri telah menjadi nama kelurahan di mana bangunan ini berdiri.

Bila kita naik ke lantai paling atas bangunan ini, kita dapat melihat pemandangan Kota Bandung yang luar biasa karena lokasinya yang berada di dataran tinggi Kota Bandung. Namun memang agak sulit untuk dapat memperoleh ijin memasuki Villa Isola saat ini, hal ini dikarenakan fungsi bangunannya tersebut yang telah berubah menjadi kantor. Walaupun begitu, bagian pelataran depan dan belakang  yang berfungsi sebagai taman dapat dikunjungi setiap harinya oleh siapapun selama menjaga kebersihan lingkungan sekitarnya.


Untuk mendapatkan data yang benar benar valid, Setiap artikel negorijbandoeng.com merupakan bahan diskusi yang bisa di tambah, dikurangi bahkan dikoreksi. Silahkan gunakan kolom diskusi dibawah dengan bijak, terima kasih 
wavatar

Irfan Noormansyah

Irfan saat ini bekerja di Your Bandung sebagai Digital & Content Specialist, alumni Manajemen UPI ini juga merupakan founder dari extrover.com. senang fotografi dan rajin mengikuti trend pemasaran dan bisnis. Ia juga aktif sebagai anggota Komunitas Aleut! dan koordinator Komunitas Levitasi Hore Bandung

All stories by : Irfan Noormansyah

Leave a Reply