Jalan Asia Afrika; Asal usul penamaan

Jalan Asia Afrika; Asal usul penamaan

150 150 Irfan Noormansyah

Jalan Asia Afrika memiliki kaitan yang sangat erat dengan pendirian Kota Bandung. Karena di sinilah Gubernur Jenderal Herman Willem Daendels menancapkan tongkatnya saat memerintahkan pendirian kota ini. Bekas ditancapkannya tongkat tersebut kini dijadikan Tugu Bandung Nol Kilometer.

Sebelum peristiwa Konferensi Asia Afrika, Jalan Asia Afrika bernama Grote Postweg atau disebut juga Jalan Raya Pos. Jalan ini merupakan sebuah ruas jalan yang dibangun oleh Daendels yang membentang dari Anyer sampai Panarukan yang memakan korban sampai ribuan jiwa dalam proses pembangunannya. Tujuan dibangunnya Jalan Raya Pos adalah untuk melancarkan komunikasi antar daerah kekuasaan sepanjang Pulau Jawa, serta sebagai jalur pertahanan militer.

Nama Jl Raya Pos kemudian berganti menjadi Jl. Asia Afrika setelah Konferensi Asia Afrika dilaksanakan di Gedung Merdeka yang berada di jalan ini.


Untuk mendapatkan data yang benar benar valid, Setiap artikel negorijbandoeng.com merupakan bahan diskusi yang bisa di tambah, dikurangi bahkan dikoreksi. Silahkan gunakan kolom diskusi dibawah dengan bijak, terima kasih 
wavatar

Irfan Noormansyah

Irfan saat ini bekerja di Your Bandung sebagai Digital & Content Specialist, alumni Manajemen UPI ini juga merupakan founder dari extrover.com. senang fotografi dan rajin mengikuti trend pemasaran dan bisnis. Ia juga aktif sebagai anggota Komunitas Aleut! dan koordinator Komunitas Levitasi Hore Bandung

All stories by : Irfan Noormansyah

Leave a Reply