Jalan Cibaduyut; Asal usul penamaan

Jalan Cibaduyut; Asal usul penamaan

150 150 Negorij Bandoeng

Siapa yang tak kenal dengan nama Cibaduyut di daerah Bandung. Terlebih setelah Bapak Presiden kita Joko Widodo beserta Bapak Wakil Presiden Jusuf Kalla datang dan membeli sepatu di Cibaduyut. Memang saat ini Cibaduyut dikenal sebagai daerah khusus tempat berkumpulnya para pengrajin fashion dengan bahan dasar kulit. Seperti halnya sepatu, dan juga banyak tas yang diproduksi sekaligus dijual di daerah ini.

Tahukah sobat, darimana sebenarnya asal usul nama Cibaduyut ini berasal? Yang banyak orang tahu saat ini Cibaduyut hanyalah tempat berkumpulnya para pengrajin kulit. Apalagi sebelum masuk area Cibaduyut, ada patung besar yang iconic, yakni sepatu berwarna hitam.

Lalu apakah nama Cibaduyut ada hubungannya dengan icon sepatu itu?

Ternyata eh ternyata, menurut sesepuh masyarakat sekitar, nama Cibaduyut ternyata adalah karena banyaknya tumbuhan bernama Baduyut yang tumbuh di daerah sana. Sedangkan Cibaduyut sendiri pun sebenarnya berasal dari dua kata, yakni Ci dan Baduyut. Dimana Ci atau Cai adalah air, karena memang tumbuhan Baduyut ini selalu tumbuh disekitar tanah yang basah oleh air. Dari sinilah masyarakat sekitar menyebut daerahnya dengan sebutan Cibaduyut.

Sudah sampai situ saja asal usul nama Jalan Cibaduyut.

Eh ternyata banyak yang menunggu penjelasan soal Baduyut ya? Oke oke, jadi Baduyut itu adalah sejenis tanaman merambat yang dari klasifikasinya masuk keluarga dari Cucurbitaceae. Jadi masuk satu keluarga dengan mentimun, melon, maupun semangka. Kalau nama latinnya sih Baduyut ini biasa disebut Trichosanthes villosa Blume. Buahnya memiliki warna hijau agak putih saat mentah, dan ketika masak berwarna kuning pucat dengan adanya garis putih. Daging buahnya berwarna putih yang memiliki rasa sangat manis. Sedangkan bentuknya sendiri agak elips dengan panjang sekitar 10-15 cm. Kalau dibiarkan tumbuh, tanaman ini bisa mencapai panjang sampai 24 meter loh…. Wihh panjang banget kan? Baduyut juga dikenal sebagai tanaman obat untuk menyembuhkan flu dan diare.

Namun sayangnya tanaman bersejarah ini malah saat ini tidak tersisa di daerah Jalan Cibaduyut. Namun jangan sedih, sobat masih bisa menemukannya di daerah Pegunungan. Seperti halnya Lembang di Bandung Utara, dan Ciwidey di Bandung Selatan.

Jadi kesimpulannya tidak ada hubungan sama sekali nama Cibaduyut dengan icon sepatu ya sobat. Sudah terjawab kan? Jadi sekarang silahkan share ke teman-temanmu biar pada tahu. ^_^

 

 

 

Referensi :

radiob956fm.com
teamtouring.net
budayajawa.id


Untuk mendapatkan data yang benar benar valid, Setiap artikel negorijbandoeng.com merupakan bahan diskusi yang bisa di tambah, dikurangi bahkan dikoreksi. Silahkan gunakan kolom diskusi dibawah dengan bijak, terima kasih