Jalan Dipati Ukur; Asal usul penamaan

Jalan Dipati Ukur; Asal usul penamaan

150 150 Negorij Bandoeng

Dipati Ukur adalah satu-satunya tokoh yang dijadikan nama jalan di Indonesia. Yakni hanya di Kota Bandung. Bagaimana tidak nama-nama tokoh seperti Jenderal Ahmad Yani, Dokter Soetomo, Diponegoro, atau bahkan seorang proklamator Ir. Soekarno, semua nama tokoh tersebut hampir selalu dijadikan nama jalan di kota-kota seantero Negeri ini. Namun tidak dengan Dipati Ukur. Ia hanya dijadikan nama jalan di Kota Bandung. Lebih tepatnya, jalan ini menghubungkan dua jalan, yakni Jalan Ir. H Djuanda (Dago) dan Pasupati. Lah kok bisa?

Iya bisalah, karena Dipati Ukur adalah nama seorang pahlawan berasal dari Bandung yang luar biasa. Sama seperti halnya di sebuah kabupaten ujung timur Pulau Madura. Di sana ada sebuah kabupaten bernama Sumenep. Memiliki pahlawan lokal bernama Jokotole. Sehingga nama Jokotole dijadikan nama jalan di Sumenep, tapi tidak di kota lain.

Artikel lebih lanjut mengenai Dipati Ukur, klik disini


Untuk mendapatkan data yang benar benar valid, Setiap artikel negorijbandoeng.com merupakan bahan diskusi yang bisa di tambah, dikurangi bahkan dikoreksi. Silahkan gunakan kolom diskusi dibawah dengan bijak, terima kasih 

Leave a Reply