Wangsanata, lebih dikenal dengan nama Dipati Ukur

Wangsanata, lebih dikenal dengan nama Dipati Ukur

300 424 Negorij Bandoeng

Yuk kenalan dengan Dipati Ukur. Jadi sebenarnya namanya adalah Wangsanata. Dikenal dengan nama Dipati Ukur karena ia adalah seorang Bupati pada saat itu. Dipati memiliki arti Bupati (di zaman sebelum kemerdekaan). Sedangkan Ukur berasal dari kata Tatar Ukur. Yakni nama daerah yang dalam bahasa Sunda berarti tanah atau wilayah. Karena itulah Wangsanata dikenal dengan sebutan Dipati Ukur.

Wangsanata atau Dipati Ukur ini mulai dikenal sosoknya setelah berusaha melepaskan tanah Bandung dari jajahan Mataram. Karena pada saat itu Mataram lebih kuat daripada Belanda yang masih lemah dalam hal militer. Wangsanata menjadi Dipati Ukur setelah menikahi putri Dipati Ukur Agung (Dipati Ukur sebelumnya. Oleh karena itu banyak riwayat yang mengatakan bahwa Dipati Ukur itu berjumlah lebih dari 1. Iya karena Dipati Ukur adalah jabatan. Bukan nama seseorang).

Dipati Ukur Wangsanata dikenal sebagai seorang sosok yang heroik. Ia berhasil menggalang massa dari tanah Pasundan agar semua kerajaan di Pasundan berjuang melepaskan diri dari Mataram, dan tidak tunduk kepada Mataram.

Karena peran heroiknya itulah banyak diceritakan turun temurun di masyarakat. Bahkan muncul juga beberapa mitos atas Dipati Ukur Wangsanata. Itu karena ia lebih memilih hidup bergerilya. Menutupi identitasnya. Tentu saja harus seperti itu agar jejaknya tidak diketahui oleh Mataram. Bahkan sampai saat ini pun pusaranya belum diketahui pasti dimana. Sama seperti halnya Pangeran Diponegoro yang sampai saat ini masih didebatkan pusaranya ada dimana. Karena memang pemberontak penjajahan pasti dicari-cari untuk dimusnahkan.

Nah bagaimana? Sekarang jadi tahu kan siapa sosok Dipati Ukur yang ada di jalanan Kota Bandung? Nah kalau sudah tahu, sekarang ceritakan dong kalau Jalan Dipati Ukur itu untuk mengenang sosok heroic tanah Pasundan, Wangsanata.

 

Referensi :

www.merdeka.com

indonesia-flashback.blogspot.com

indearchipel.com


Untuk mendapatkan data yang benar benar valid, Setiap artikel negorijbandoeng.com merupakan bahan diskusi yang bisa di tambah, dikurangi bahkan dikoreksi. Silahkan gunakan kolom diskusi dibawah dengan bijak, terima kasih 

Leave a Reply